Misteri Pantai Mackenzies di Sydney - Wong Lendah v.02

Post Top Ad

CARI ARTIKEL

Rabu, 12 Oktober 2016

Misteri Pantai Mackenzies di Sydney


Hallo sahabatku, Wong Lendah v.02, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Misteri Pantai Mackenzies di Sydney, Kami berharap isi postingan Artikel Budaya, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga







REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Jika Anda merasa sudah pernah menjelajahi semua hal yang ditawarkan kawasan pantai di Kota Sydney, Australia sepertinya anda harus berpikir ulang. Dalam kondisi pantai yang tepat, teluk berbatu yang tenang di Mackenzies Bay bisa berubah menjadi pantai rahasia.

Muncul di sepanjang pantai antara Bondi dan Tamarama, sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Sydney, ceruk pantai yang kecil ini muncul sekali setiap tujuh sampai 10 tahun sekali menurut mitos lokal. Pantai sementara di Mackenzies Bay ini bisa muncul hanya sebagai garis pasir yang tipis atau bisa juga sampai mencapai beberapa meter luasnya.

Meski demikian kebanyakan sepanjang tahun, pantai ini hanya tinggal sebuah ceruk berbatu di mana para peselancar lokal dan papan selancar akan meluncur ke Samudera Pasifik untuk mengendarai ombak.

Misteri pantai ini terletak pada tidak pernah diketahuinya kapan pantai ini akan muncul atau berapa lama kemunculannya akan berlangsung sebelum menghilang lagi. Pada pertengahan tahun 90-an kemunculan pantai Mackenzie Bay berlangsung selama satu tahun. Dimana terdapat banyak sekali pasir dan hampir mungkin pada saat ombak surut bisa berjalan antara Tamarama dan Bondi Selatan.

Namun demikian ketika badai masif melanda kawasan pesisir Timur Australia pada tahun 1997 pantai ini benar-benar menghilang selama 10 tahun.
Apa Penyebab Fenomena Mackenzies Bay?

Geomorfolog pesisir dan Associate Professor di University of New South Wales Dr Rob Brander, tiba di Australia pada tahun 1993 dan telah melihat pantai Mackenzies datang dan pergi selama dua dekade. Dia meyakini ini merupakan fenomena aneh yang berhubungan dengan perubahan pola cuaca.

"Kebanyakan pantai-pantai cenderung untuk melalui fase pemulihan pantai, dimana banyak sekali pasir datang kembali, dan semua ini berkaitan dengan siklus El Niño dan La Nina," kata Dr Brander.

"Ketika kita memiliki El Niño ketika kita dilanda kemarau, kita tidak punya badai yang cukup sehingga pantai ini terbentuk. Kemudian kita memiliki La Nina ketika kita memiliki banyak badai dan mereka menghilang.”

"Mackenzies berbeda karena ini merupakan kantung pantai kecil yang terekspos, pantai ini butuh sejumlah kombinasi khusus dari arus ombak dan ketinggian ombak, dan mungkin juga periode ombak yang merupakan rentang antara ombak.”

Brander mengatakan kemunculan pantai ini tampaknya dikarenakan badai besar yang melanda Sydney pada Juni 2016, namun demikian, ‘resep’ pasti dari kemunculan pantai ini masih tidak begitu banyak diketahui dan kajian lebih lanjut perlu dilakukan.

Kebanyakan pantai-pantai di Sydney telah kehilangan banyak pasir, yang sekarang muncul kembali beberapa bulan kemudian. "Mengapa Pantai Mackenzies kembali dengan cepat setelah badai, ini merupakan pertanyaan yang menarik,” kata Dr Brander.

Pantai-pantai kantung kecil seperti Mackenzies sangat sensitive pada kondisi ombak, oleh karena itu cenderung muncul kembali setelah kondisi badai buruk. Sementara matahari bersinar di permukaan kecil pasir, orang-orang dan binatang peliharaan dari berbagai macam latar belakang akan memanfaatkan peristiwa langka ini.

Anjing secara resmi dilarang di semua pantai di area Waverley council, termasuk di pantai Mackenzies Bay, tapi karena ini bukan pantai yang resmi maka jarang sekali dilakukan patroli dan ini menjadi tempat yang populer bagi pemilik anjing untuk mengajak teman berbulu mereka berjalan-jalan.

Jadi nikmatilah pantai ini selagi anda bisa karena anda tidak pernah tahu kapan pantai ini akan menghilang.



Sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/wisata-nad-budaya/mackenzies-beach-yang-misterius/7924306

Itulah tadi Sahabat Wong Lendah v.02,sedikit uraian tentang Misteri Pantai Mackenzies di Sydney.

Oh ya kawan, sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel pada halaman di bawah ini juga sedang anda cari.

Semoga artikel Misteri Pantai Mackenzies di Sydney yang saya bagikan di hari ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Terimakasih anda telah membaca artikel Misteri Pantai Mackenzies di Sydney dan bila artikel ini bermanfaat menurut anda tolong bagikan ke rekan sanak saudara anda agar mereka juga tahu tentang ha ini, bagikan artikel ini dengan alamat link https://wong-lendah-v2.blogspot.com/2016/10/misteri-pantai-mackenzies-di-sydney.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad