Ramai soal Bumi Akan Gelap Selama 3 Hari mulai 8 April 2024, Ini Penjelasan Astronom - Wong Lendah v.02

Post Top Ad

CARI ARTIKEL

Jumat, 29 Maret 2024

Ramai soal Bumi Akan Gelap Selama 3 Hari mulai 8 April 2024, Ini Penjelasan Astronom


Hallo sahabatku, Wong Lendah v.02, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Ramai soal Bumi Akan Gelap Selama 3 Hari mulai 8 April 2024, Ini Penjelasan Astronom, Kami berharap isi postingan Artikel Tekno, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga


Ramai soal Bumi Akan Gelap Selama 3 Hari mulai 8 April 2024, Ini Penjelasan Astronom


Unggahan dengan narasi bahwa Bumi akan gelap selama tiga hari mulai
 Jumat (8/4/2024), ramai di media sosial X dan TikTok. Menurut akun X @infoastronomy pada Selasa (26/3/2024), gelapnya Bumi berkaitan dengan gerhana Matahari yang terjadi pada Jumat. Namun, kegelapan hanya berlangsung beberapa menit saja, tidak sampai berhari-hari.

Marufin Sudibyo, seorang astronom amatir Indonesia, menjelaskan bahwa narasi bahwa Bumi akan gelap selama tiga hari merupakan hoaks. Tidak ada mekanisme kelangitan saat ini yang bisa menyebabkan hal tersebut terjadi. Ia juga menegaskan bahwa konsep sabuk foton yang disebutkan dalam unggahan tidak dikenal dalam astronomi. Jadi, pembuat hoaks ini tidak mengerti konsep fisika modern, khususnya fisika kuantum.

Faktanya, pada 8 April 2024, akan terjadi gerhana Matahari total (GMT) berdasarkan waktu universal atau pada 9 April 2024 berdasarkan waktu Indonesia. Wilayah GMT 8 April 2024 tidak melintasi Indonesia. Zona penumbra GMT 8 April 2024 hanya mencakup benua Amerika bagian tengah dan utara serta sebagian benua Eropa (Inggris Raya). Sedangkan zona umbra, yang melihat GMT sebagai gerhana total, hanya berbentuk pita dengan lebar maksimum 200 kilometer. Hanya sebagian kecil dari wajah Bumi yang mengalami gerhana Matahari total saat siang hari1. 🌞🌎🌒


Itulah tadi Sahabat Wong Lendah v.02,sedikit uraian tentang Ramai soal Bumi Akan Gelap Selama 3 Hari mulai 8 April 2024, Ini Penjelasan Astronom.

Oh ya kawan, sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel pada halaman di bawah ini juga sedang anda cari.

Semoga artikel Ramai soal Bumi Akan Gelap Selama 3 Hari mulai 8 April 2024, Ini Penjelasan Astronom yang saya bagikan di hari ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Terimakasih anda telah membaca artikel Ramai soal Bumi Akan Gelap Selama 3 Hari mulai 8 April 2024, Ini Penjelasan Astronom dan bila artikel ini bermanfaat menurut anda tolong bagikan ke rekan sanak saudara anda agar mereka juga tahu tentang ha ini, bagikan artikel ini dengan alamat link https://wong-lendah-v2.blogspot.com/2024/03/ramai-soal-bumi-akan-gelap-selama-3.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad