Panduan Lengkap Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Lain Tanpa Akses Internet | LABANA.id - Wong Lendah v.02

Post Top Ad

CARI ARTIKEL

Rabu, 16 Agustus 2017

Panduan Lengkap Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Lain Tanpa Akses Internet | LABANA.id


Hallo sahabatku, Wong Lendah v.02, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Panduan Lengkap Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Lain Tanpa Akses Internet | LABANA.id, Kami berharap isi postingan Artikel internet, Artikel Tekno, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga




Karena satu dan lain hal kadangkala kita harus berganti HP (ponsel). Setelah berganti ponsel, biasanya salah satu aplikasi yang wajib dipasang kembali adalah WhatsApp. Lalu bagaimana caranya memindahkan WhatsApp dari ponsel lama ke ponsel baru, beserta seluruh percakapan, foto dan videonya, tapi tanpa akses internet? Jika Anda menggunakan Android, silakan simak panduan berikut.

Tips ini juga berlaku untuk restore ke ponsel yang sama.

*Mengapa dalam panduan ini menggunakan contoh tanpa menggunakan akses internet? Karena seringkali berkas percakapan di WhatsApp sangat besar. Saya sendiri hampir 1GB besarnya. Jadi menggunggah dan mengunduh kembali berkas ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Sebelum memulai, pastikan dulu anda sudah memiliki aplikasi file manager yang bisa mengkompresi dan mengekstrak berkas .zip. Jika belum ada, Anda bisa memasang aplikasi file manager terlebih dahulu. Rekomendasi saya: ES File Manager, atau aplikasi File Manager buatan Asus.

Langsung saja, berikut panduannya:


1. Matikan akses internet

Cara paling cepat, masuk ke “flight mode”. Cara lainnya dari menu “settings” Anda disable “Mobile Data”. Tujuan akses internet dimatikan terlebih dahulu adalah agar tidak ada pesan baru yang masuk selama proses ini.

2. Buat backup isi percakapan di WhatsApp

Di aplikasi WhatsApp, masuk ke menu Settings -> Chats and calls -> Chat backup. Anda akan menemukan tombol hijau bertuliskan “BACK UP”. Klik tombol ini, dan tunggu sampai proses backup selesai.

3. Temukan folder WhatsApp, bersihkan file yang tidak perlu, 

Buka File Manager, masuk ke folder WhatsApp – Databases. Di dalamnya Anda akan menemukan beberapa berkas, kurang lebih sebagai berikut:

Hapus semua berkas selain “msgstore.db.crypt8“. Mengapa? Karena berkas yang lain itu tidak diperlukan dan ukuran berkasnya cukup besar, bisa sampai puluhan MB untuk setiap berkas. Dengan menghapus berkas ini proses kompresi, ekstrak, maupun pemindahan berkas akan menjadi lebih cepat nantinya.

4. Kompres folder WhatsApp

Kembali ke file manager, tekan dan tahan tepat di folder WhatsApp, pilih menu kompresi. Kasih saja nama “WhatsApp.zip“. Tunggu sampai proses kompresi selesai. Jika berkasnya cukup besar (sekitar 800MB), maka waktu yang diperlukan juga cukup lama.

Karena ponsel saya menggunakan Xiaomi, maka tampilan file managernya akan seperti ini. Untuk Anda yang menggunakan file manager yang lain, tentu saja tampilannya tidak persis sama.

5. Salin hasil kompresi ke komputer.
Colokkan kabel data ke Android anda dan ke komputer. Jika komputer Anda menggunakan Windows ataupun Linux, kemungkinan besar ponsel Anda sudah terdeteksi seperti layaknya flashdisk. Jika Anda menggunakan Mac OS, maka anda perlu memasang aplikasi Android File Transfer terlebih dahulu.

Salin berkas WhatsApp.zip dari ponsel Anda ke komputer.

6. Pindahkan file hasil kompresi ke ponsel baru, ataupun ke ponsel lama.

Untuk bagian ini cukup jelas. Anda tinggal copy-paste saja berkas WhatsApp.zip tadi dari komputer ke ponsel Anda yang sudah terkoneksi dengan kabel data.

Selengkapnya baca : https://www.labana.id/view/panduan-lengkap-cara-memindahkan-whatsapp-ke-hp-lain-tanpa-akses-internet/2016/03/23/?fullview

Itulah tadi Sahabat Wong Lendah v.02,sedikit uraian tentang Panduan Lengkap Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Lain Tanpa Akses Internet | LABANA.id.

Oh ya kawan, sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel pada halaman di bawah ini juga sedang anda cari.

Semoga artikel Panduan Lengkap Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Lain Tanpa Akses Internet | LABANA.id yang saya bagikan di hari ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Terimakasih anda telah membaca artikel Panduan Lengkap Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Lain Tanpa Akses Internet | LABANA.id dan bila artikel ini bermanfaat menurut anda tolong bagikan ke rekan sanak saudara anda agar mereka juga tahu tentang ha ini, bagikan artikel ini dengan alamat link https://wong-lendah-v2.blogspot.com/2017/08/panduan-lengkap-cara-memindahkan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad