Kesalahan Sepele yang Bikin Kopling Motor Gampang Aus - Wong Lendah v.02

Post Top Ad

CARI ARTIKEL

Rabu, 31 Oktober 2018

Kesalahan Sepele yang Bikin Kopling Motor Gampang Aus


Hallo sahabatku, Wong Lendah v.02, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Kesalahan Sepele yang Bikin Kopling Motor Gampang Aus, Kami berharap isi postingan Artikel OTOMOTIF, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga





Sepeda motor mempunyai beberapa komponen yang memiliki sifat slow moving, umpama kampas kopling. Benda tersebut sebetulnya penggantiannya terjadi dalam saat yang lama.Makanya, curigalah andai tahap tersebut terasa cepat aus. Misalnya, saat/ketika tenaga mesin terasa agak kosong bisa juga ngempos.

Penyebab kopling lekas aus sendiri bahkan terkadang sepele. Dadan Danil, Asisten Trainer di Technical Training PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W Suzuki di sela-sela touring Suzuki Bandit Surabaya-Bandung bersama jurnalis berbicara bahwa setidaknya ada tiga perbuatan ringkas yang berpengaruh pada usia pakai kopling pada sepeda motor.

1. Setelan kopling

Yang pertama merupakan soal setelan. Para pemakai sepeda motor tipe transmisi ini selayaknya butuh melakukan pengecekan dengan-cara selalu serta tak merubah setelannya dengan maksud tertentu. Misalnya, pengaturan pada jarak main kopling.

"Setelan kopling wajib diperhatikan mesikipun umpama enggak touring. Harian juga wajib diperhatikan. Andai terlalu dekat nih umpama jaraknya. Kan dengan-cara tak langsung jari kami dengan-cara tak sadar suka nempel di handel. Andai ketarik kan berarti gesekan terus, lama-lama aus," kata dia.

2. Lampu Merah

Penyebab sepele kedua merupakan kebiasaan jari untuk menekan kopling waktu lampu merah. Anggapannya, lampu merah hanya sebentar, sehingga pengendara dapat lekas masuk gigi serta tancap gas. Padahal, kami tak sempat tahu apa yang terjadi sebenarnya. "Biasanya orang andai di lampu merah pada narik kopling terus, itu yang salah. Harusnya dinetralin. Itu kan belum pasti sepenuhnya nge-lock, jangan-jangan ada gesekannya juga. Itu yang bikin kampas koplling cepat habis," ujarnya

Sebaiknya, misalnya, saat/ketika masa tunggu 30 detik untuk lampu merah, maka masukanlah gigi serta tarik handel kopling apabila waktu yang tersisa tinggal lima detik. Faktor ini bakal membikin masa pakai kampas kopling lebih lama.

3. Penggantian Khusus Kota Besar

Di kota-kota besar bagai Jakarta, Bandung, Surabaya, kampas kopling terbukti bakal lebih lekas habis. Sebab, kepadatan penduduk yang berpengaruh pada kepadatan lalu lintas bakal berpengaruh pada seringnya pemakaian kopling serta olinya.

"Ini merupakan faktor yang biasa. Makanya, pergantian oli kopling andai biasanya 2.500 km, gantilah sehingga 1.500 km sekali. Soalnya kan bukan berdasarkan km, sementara mesin berputar terus," ujarnya.(nz)

Sumber : Liputan6.com, 

Itulah tadi Sahabat Wong Lendah v.02,sedikit uraian tentang Kesalahan Sepele yang Bikin Kopling Motor Gampang Aus.

Oh ya kawan, sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel pada halaman di bawah ini juga sedang anda cari.

Semoga artikel Kesalahan Sepele yang Bikin Kopling Motor Gampang Aus yang saya bagikan di hari ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Terimakasih anda telah membaca artikel Kesalahan Sepele yang Bikin Kopling Motor Gampang Aus dan bila artikel ini bermanfaat menurut anda tolong bagikan ke rekan sanak saudara anda agar mereka juga tahu tentang ha ini, bagikan artikel ini dengan alamat link https://wong-lendah-v2.blogspot.com/2018/10/kesalahan-sepele-yang-bikin-kopling.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad