Cara Mengatasi Anak Kecanduan Televisi dan Gadget - Wong Lendah v.02

Post Top Ad

CARI ARTIKEL

Rabu, 22 April 2020

Cara Mengatasi Anak Kecanduan Televisi dan Gadget


Hallo sahabatku, Wong Lendah v.02, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Cara Mengatasi Anak Kecanduan Televisi dan Gadget, Kami berharap isi postingan Artikel tips, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga




Agar terhindar dari kecanduan TV dan gadget, ada beberapa cara yang dapat dilakukan orang tua di rumah.

1. Batasi penggunaannya

Dalam masa karantina seperti ini tidak jarang anak merasa bosan dan pada akhirnya mereka lebih memilih untuk menonton TV atau bermain gadget. Boleh saja sebagai orang tua memberikan peluang untuk sikecil menonton tv ataupun bermain gadget, namun tetap dibatasi waktunya.

2. Beri jadwal

Jadwalkan waktu yang tepat untuk menonton TV atau bermain gadget. Di luar itu orangtua harus menyiapkan alternatif lain agar anak tidak bisa dan menjadi kembali bermain gadget.

3. Jangan beri akses penuh

Setiap anak yang menggunakan TV ataupun gadget usahakan dia tidak sendirian dan tetap dalam pengawasan. Selain itu untuk gadget juga sebaiknya tidak diserahkan pada anak sepenuhnya. Biarkan anak meminta izin terlebih dahulu dan ambil kembali setelah selesai.

4. Tetapkan wilayah bebas gadget

Buat peraturan tidak boleh menggunakan gadget di tempat tempat tertentu. Juga aturan boleh menonton televisi setelah belajar dan itu pun ketikan acara diperuntukkan bagi anak-anak.

5. Ajarkan pentingnya menahan diri

Keinginan anak untuk menonton TV atau menggunakan gadget coba ditahan dengan mengajak anak bermain yang lain. Atau diajak membantu orang tua di rumah dengan pekerjaan ringan keseharian. Seperti menyapu lantai, mencuci piring, menyiram tanaman, dan lain-lain.

6. Berikan contoh yang baik

Sudah menjadi hal lumrah bukan bahwa anak meniru apa yang dilakukan orangtuanya. Untuk itu, orang tua juga harus menjadi contoh yang baik, letakkan handphone dan bermainlah bersama anak. 
 

Sumber  https://siedoo.com/berita-30207-hindari-dampak-buruk-simak-cara-mengatasi-anak-kecanduan-televisi-dan-gadget/ - (*)Husna Nashihin Program Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Madani, Yogyakarta

Itulah tadi Sahabat Wong Lendah v.02,sedikit uraian tentang Cara Mengatasi Anak Kecanduan Televisi dan Gadget.

Oh ya kawan, sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel pada halaman di bawah ini juga sedang anda cari.

Semoga artikel Cara Mengatasi Anak Kecanduan Televisi dan Gadget yang saya bagikan di hari ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Terimakasih anda telah membaca artikel Cara Mengatasi Anak Kecanduan Televisi dan Gadget dan bila artikel ini bermanfaat menurut anda tolong bagikan ke rekan sanak saudara anda agar mereka juga tahu tentang ha ini, bagikan artikel ini dengan alamat link https://wong-lendah-v2.blogspot.com/2020/04/cara-mengatasi-anak-kecanduan-televisi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad